Wabup Lombok Tengah Kukuhkan Paguyuban Duta Lingkungan Hidup

Pengukuhan Paguyuban Duta Lingkungan Hidup Lombok Tengah oleh Wakil Bupati Lalu Pathul Bahri, Rabu, 2 Agustus 2017 di pendopo Bupati Lombok Tengah

LOMBOKita – Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, SIP mengukuhkan kepengurusan Paguyuban Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah periode 2017-2020. Pengukuhan dilakukan di Gedung PKK Pendopo Bupati, Rabu (2/8/2017).

“Bismillahirrohmanirrohim… Dengan mengharap rahmat dan ridlo Allah SWT, dengan ini saya atas nama pemerintah daerah melantik dan mengukuhkan seluruh pengurus Paguyuban Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah periode 2017-2020,” ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap, keberadaan Paguyuban Duta Lingkungan ini dapat memberi manfaat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai isu lingkungan hidup di daerah ini.

“Duta Lingkungan harus menjadi garda terdepan dalam menjaga dan mengatasi berbagai persoalan yang menyangkut keberlangsungan lingkungan hidup di Lombok Tengah,” kata Wakil Wakil Bupati Lalu Pathul Bahri didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Lombok Tengah Sugiartha.

Kelestarian Lingkungan Hidup di daerah Tatas Tuhu Trasna (Tastura) ini, menurut Wakil Bupati, harus tetap terjaga demi keberlangsungan makhluk hidup, utamanya di daerah-daerah penyangga mata air.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian adik-adik wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Lombok Tengah yang telah menginisiasi terbentuknya Paguyuban Duta Lingkungan Hidup ini. Karena keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai motivator, innovator sekaligus bertugas mengkampanyekan pentingnya lingkungan hidup kepada masyarakat,” tandas Wakil Bupati.

Sementara itu, Dewan Pembina Paguyuban Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Tengah Lalu Amrillah menjelaskan, terbentuknya paguyuban ini mengingat makin banyaknya minat masyarakat khususnya kalangan pelajar yang ingin bergabung menjadi pecinta lingkungan hidup dengan mengikuti audisi yang dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

Sekedar informasi, Persatuan Wartawan Lombok Tengah hampir setiap tahun melaksanakan kegiatan bhakti sosial dengan melakukan penghijauan di sejumlah daerah penyangga air di daerah ini. Akhirnya tercetus ide untuk mengangkat Duta Lingkungan Hidup sebagai motor penggerak untuk melakukan sosialisasi dan memotivasi masyarakat tentang lingkungan hidup. Peserta audisi Duta Lingkungan ini diambil dari kalangan pelajar setingkat SMU/Madrasah Aliyah se Kabupaten Lombok Tengah, dengan memilih 20 orang finalis pada tiap angkatan. Satu orang sebagai duta, dan lainnya sebagai pemenang nominator yang telah ditentukan. Pada audisi Duta Lingkungan Hidup tahun 2016, mahkota Duta Lingkungan berhasil diraih siswi SMAN 1 Praya atas nama Silvi Sirinta, dan pada tahun 2017 diraih Baiq Wanda Annisa, pelajar SMAN 1 Praya.

Paguyuban ini, kata Lalu Amrillah, sebagai wadah untuk berkreasi para duta dan finalis Duta Lingkungan Hidup dengan susunan kepengurusan yang telah terbentuk beberapa hari yang lalu. “Kami mohon bantuan dan arahan dari pemerintah daerah untuk terus memberikan pembinaan kepada adik-adik Duta Lingkungan ini,” kata Lalu Amrillah yang juga sebagai Ketua Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) didampingi Sekretaris PWLT Dedi Shopan Shopian serta M. Kurniawan selaku Dewan Pembina Persatuan Wartawan Lombok Tengah.

Pengurus Paguyuban Duta Lingkungan Lombok Tengah terpilih antara lain Lalu Sopyan Ardy sebagai Ketua, Silvi Sirinta sebagai Wakil Ketua, Bohari Rahman sebagai Sekretaris, Santun Wahyu Zikriani sebagai Wakil Sekretaris dan Munakir sebagai Bendahara serta Baiq Wanda Annisa sebagai Wakil Bendahara.

Komentar Anda