Wabup Lombok Tengah Resmikan Gedung Nursing Center

Pengguntingan pita oleh Wakil Bupati tanda diresmikannya Gedung Nursing Center Lombok Tengah

LOMBOKita – Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, SIP meresmikan gedung Nursing Center Praya, Sabtu (22/7/2017). Hadir pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tengah H. Omdah, Komisi IV DPRD Lombok Tengah, tokoh agama, tokoh masyakat serta ratusan tenaga perawat yang ada di daerah ini.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Lombok Tengah H. Lalu Najmul Erpan, SKM., S.Kep., MPH mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah memenuhi undangan panitia untuk peresmian gedung Nursing Center sekaligus pelepasan perawat pendamping haji asal Lombok Tengah serta penyematan penghargaan kepada salah seorang perawat yang telah menyandang tenaga perawat berprestasi tingkat nasional.

“Sekaligus juga pada kesempatan ini kita melakukan acara Halal Bihalal mumpung masih bulan Syawal usai kita melaksanakan Ibadan puasa selama bulan suci Ramadan yang merupakan agenda rutin setiap tahun seluruh tenaga perawat yang tergabung dalam PPNI Lombok Tengah,” ucap H. Lalu Najmul Erpani dalam sambutannya.

Pembangunan Gedung Nursing Center Lombok Tengah ini, menurut H. Lalu Najmul Erpan merupakan hasil swadaya murni seluruh anggota PPNI yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, tanpa ada bantuan dana dari pemerintah daerah.

Gedung Nursing Center ini, lanjut H. Lalu Namul Erpani, dihajatkan sebagai lokasi pelaksanaan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan keperawatan, baik itu pendidikan dan pelatihan-pelatihan maupun pengembangan sumberdaya manusia para tenaga perawat.

“Selama ini kita melakukan kegiatan pada gedung-gedung yang disewakan sehingga pembiayaan juga menjadi sangat banyak. Alhamdulillah, kalau gedung ini sudah diresmikan bisa kita gunakan melakukan kegiatan tanpa harus menyewa tempat lagi,” katanya.

Dalam acara peresmian gedung Nursing Center dan Halal Bihalal PPNI ini, H. Lalu Najmul Erpan menyebutkan, sengaja tidak menghadirkan seluruh tenaga perawat yang ada di Lombok Tengah. Sebab, jika seluruhnya disuruh datang, maka pelayanan di rumah sakit, puskesmas dan tempat-tempat pelayanan kesehatan masyarakat lainnya akan terganggu karena tidak ada yang akan melayani pasien.

“Jumlah seluruh anggota PPNI di Lombok Tengah mencapai 1.700 orang lebih, tetapi kita hanya mengundang perwakilan saja agar tidak mengganggu pelayanan kesehatan masyarakat di masing-masing tempat tugas para perawat,” kata H. Lalu Najmul Erpan.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dan kreatif para tenaga perawat yang ada di daerah ini sehingga dapat membangun Gedung Nursing Center yang meski pengerjaannya belum rampung.

Hal ini, menurut Wakil Bupati, menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan yang ada dalam kepengursan PPNI Lombok Tengah sangat kompak. Kalau sudah kompak, kata Wakil Bupati, apapun kegiatan dan program yang akan dijalankan akan terasa ringan. “Berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing,” kata Wakil Bupati menyebutkan pepatah.

Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri juga meminta kepada seluruh tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan yang ada di Lombok Tengah untuk selalu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Sebab, kalau masyarakat sudah mendatangi rumah sakit maupun puskesmas berarti sedang merasakan kesusahan dalam menghadapi penyakit yang sedang dideritanya. “Berikanlah pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tebarlah senyum dan sapa yang baik kepada masyarakat yang datang meminta pertolongan, setidaknya akan membantu masyarakat yang sedang sakit,” pinta Wakil Bupati.

Pemerintah daerah Lombok Tengah selama ini, lanjut Wakil Bupati, akan terus memberikan pelayanan dan perhatian yang optimal kepada para pelayan masyarakat. Namun, bantuan yang akan diberikan itu tentu dibarengi dengan kemampuan daerah. “Jangan lantas merasa tidak diperhatikan, merasa dianak-tirikan karena ada yang lebih dahulu diberikan bantuan. Semuanya sama saja, tidak ada yang diistimewakan dalam perlakuan. Tetapi membutuhkan tahapan-tahapan yang harus kita maklumi bersama,” pungkas Wakil Bupati.

Bila perlu, kata Wakil Bupati, sikap ramah tamah tenaga perawat yang ada di Lombok Tengah ini mencontoh kepada pelayan di Alfamart dan Indomart yang baru masuk saja sudah diberikan salam sapa yang baik disertai senyum manis para pelayan. Bahkan, keluar belanja pun kita disapa sopan.

Wakil Bupati berharap, semangat kerja para tenaga perawat di Lombok Tengah semakin meningkat seiring dengan diresmikannya Gedung Nursing Center ini. “Kalau kinerja kemarin masih baik, maka sejak hari ini harus lebih baik lagi. Malu dong setelah punya gedung baru terus kinerja menjadi tidak baik,” cetus Wakil Bupati.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua PPNI menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Gedung Nursing Center Lombok Tengah, serta secara resmi melepas para tenaga kesehatan pendamping jamaah calon haji tahun ini.

Komentar Anda