Wakil Bupati Lantik Pengurus PMI Lombok Tengah

Pelantikan Pengurus PMI Lombok Tengah oleh Wakil Bupati Lalu Pathul Bahri / foto: Humas/Japarussidik

LOMBOKita – Wakil Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri melantik pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat di Bencingah Adiguna Alun-alun Tastura Praya, Rabu (19/7/2017).

Menurut Wakil Bupati Lalu Pathul Bahri, keberadaan PMI selama ini sangat berarti bagi masyarakat, terutama yang sedang membutuhkan darah selama menjalani perawatan medis di rumah sakit.

“Jika ada masyarakat yang sedang membutuhkan darah di rumah sakit, maka yang pertamakali diingat masyarakat adalah PMI, untuk meminta bantuan persediaan darah,” kata Wakil Bupati dalam sambutannya.

Pekerjaan di PMI, menurut Wakil Bupati, sangat berat. Karena erat kaitannya dengan rasa ikhlas yang sulit dimiliki bagi sebagian orang. Tanpa didorong rasa ikhlas dan rasa kemanusiaan yang tinggi, sulit untuk seseorang mau menjadi relawan PMI.

“Hanya rasa ikhlas dan semangat pengabdian tinggi yang bisa membuat seseorang untuk masuk menjadi relawan PMI,” kata Wakil Bupati yang juga sebagai Ketua PMI Lombok Tengah ini.

Karena itu, Wakil Bupati sangat berterimakasih kepada para relawan PMI Kabupaten Lombok Tengah yang selama ini secara ikhlas mengabdikan dirinya untuk berbuat demi kemanusiaan.

“Kalau tidak ada yang mau menjadi relawan, maka siapa lagi yang akan memikirkan masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan. Apalagi saat ini di Lombok Tengah membutuhkan 5-10 kantong darah sehari,” jelas Wakil Bupati.

Pemerintah daerah, kata Wakil Bupati akan terus memberikan perhatian kepada PMI dengan memberikan porsi anggaran yang memadai karena keberadaannya bersentuhan langsung dengan masyarakat yang sedang sakit dan sangat mendesak membutuhkan pertolongan.

“Dulu anggaran untuk PMI hanya Rp18 juta dari APBD, namun sekarang Alhamdulillah bisa meningkat menjadi Rp175 juta yang akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan PMI,” katanya.

Wakil Bupati berharap, PMI Kabupaten Lombok Tengah untuk terus melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat agar mau mendonorkan darah. Karena, menurutnya, setetes darah yang disumbangkan itu akan sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Ketua panitia pelantikan, Drs.Muhammad Syafii menyampaikan, pengurus kecamatan yang dilantuk merupakan pengurus dengan masa bhakti 2016-2020.

Awalnya, kata Muhammad Syafii, PMI Kabupaten hanya melantik pengurus dari dua kecamatan yakni kecamatan Praya dan Kopang. Kemudian satu kecamatan lagi yakni Pringgarata. ”Dan pada hari ini akan dilantik sebanyak 9 kecamatan se-Lombok Tengah,” jelas Syafii.

“Dengan telah dilantiknya kepengurusan ini, kami berharap para pengurus dapat melaksanakan kegiatanya sesuai dengan AD-ART PMI,” imbuh Syafii.

Komentar Anda