Warga Korban Gempa Datangi Kantor Inspektorat Lotim

269
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Sejumlah Warga Korban gempa di wilayah Desa Pohgading, Kecamatan Pringgebaya mendatangi kantor Inspektorat Lombok Timur, Jumat (9/8).Kedatangan warga korban gempa itu didampingi Ketua Forum Peduli Masyarakat Desa Pohgading, Zuhud dan anggota DPD Pohgading, Muhasan.

Sementara kedatangan warga tersebut guna diminta keterangan dan klarifikasi mengenai masalah adanya laporan dugaan data fiktif korban gempa dan permasalahan bantuan gempa yang dianggap sangat meresahkan warga korban gempa tersebut.

Inspektur Inspektorat, M.Khairi kepada wartawan di ruang kerjanya menegaskan kedatangan warga korban gempa ke inspektorat ini untuk meminta keterangan atau klarifikasi terkait adanya laporan masyarakat mengenai adanya data korban gempa yang diduga fiktif.

Begitu juga bantuan untuk korban gempa cair, akan tapi diberikan kepada orang lain. Sehingga tentunya sebelum melakukan pemeriksaan terhadap Kades, Kadus maupun Pokmas di yang bermasalah tersebut. Terlebih dahulu pihaknya melakukan pemanggilan terhadap korban gempa yang seharusnya dapat bantuan akan tapi tidak memperolehnya, karena diarahkan ke orang lain.

” Kami telah turun ke lapangan menindaklanjuti pengaduan masyarakat, sehingga saat ini kami panggil warganya untuk diklarifikasi dan minta keterangan,” tegasnya.

Loading...

Lebih lanjut mantan Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Lotim ini menjelaskan pemeriksaan masalah dana gempa ini dilakukan pemeriksaan khusus sebagaimana perintah Bupati Lotim, untuk melakukannya. Sehingga tentunya dari hasil pemeriksaan ini nantinya akan diserahkan ke Bupati Lotim.

” Saya juga sudah telpon Kadesnya lagi di Polda sedang diperiksa mengenai kasus ini,” ujarnya.

Sementara tim auditor Inspektorat Lotim, Taufik mengatakan dengan melakukan pemanggilan terhadap korban gempa dalam rangka untuk menyerap keterangan dari masyarakat, karena pemeriksaan baru dimulai.

” Apa yang kami lakukan ini merupakan perintah Bupati Lotim dan hasilnya nanti akan disampaikan ke Bupati,” tegasnya.

Sementara Ketua Forum Peduli Masyarakat Desa Pohgading, Zuhud dan anggota DPD Pohgading, Muhasan menegaskan kedatangan kami untuk memenuhi undangan dari Inspektorat guna diminta keterangan dan klarifikasi terkait dengan kasus dugaan data fiktif korban gempa dan pencairan bantuan gempa tidak sesuai dengan nama yang ada.

Dimana jumlahnya sekitar 17 orang, dangan kategori rusak sedang dan ringan. ” Kami sudah laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim kasus ini, bahkan sempat diklarifikasi akan tapi tindaklanjutnya sampai sekarang tidak ada,” tegasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.