Waspada Oknum Janjikan SK Honor Atasnamakan Dewan Pendidikan

130
kali tampilan.

LOMBOKita – Ketua Bidang Pengawasan dan Mediasi Pendidikan Dewan Pendidikan Lombok Timur, Hanapi, M.Si meminta masyarakat untuk melaporkan jika ada oknum yang mengatasnamakan dewan pendidikan menjanjikan atau mengiming-imingi akan diberikan surat keputusan honor daerah (SK Honda) guru yang akan dikeluarkan bupati dan ditempatkan pada satuan pendidikan tertentu.

“Informasi atau imbauan ini kami sampaikan kepada masyarakat supaya tidak mengindahkan oknum tersebut. Kalau ada yang mengatasnamakan dewan pendidikan, tangkap dan laporkan saja ke pihak berwajib,” tegas Hanapi kapada LOMBOKita, Selasa (17/7/2018).

Berdasarkan laporan masyarakat, kata dia, sejauh ini ada oknum yang “gentayangan” mengatasnamakan dewan pendidikan mencari “mangsa” untuk meraup keuntungan pribadi.

Oknum itu, kata Hanapi, meminta uang kepada korban dan menjanjikan korban untuk diangkat sebagai guru honorer daerah.

“Uang yang diminta variatif, berdasarkan laporan korban yang berasal dari kecamatan Wanasaba, korban diminta Rp. 30 juta. Sementara korban yang berasal dari Selong diminta Rp. 10 juta,” jelasnya.

Hanapi mengaku kesulitan melacak oknum yang mengatasnamakan dewan pendidikan, karena menurut pengakuan korban juga tidak kenal oknum tersebut. Namun demikian, pihaknya akan berusaha melacak oknum tesebut dan juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur.

“Sekali lagi kami imbau masyarakat agar tidak percaya dan mengindahkan oknum yang akan merugikan diri sendiri. Kami semua pengurus Dewan Pendidikan mengajak masyarakat untuk tenggelamkan calo-calo pendidikan supaya pendidikan kita bersih dari anasir yang jahat,” pungkasnya.