LOMBOKita – Bulan puasa ini biasanya akan banyak undangan atau ajakan untuk buka puasa bersama dengan teman-teman sekolah, relasi kantor dan lainnya, atau biasa disebut dengan reuni bukber. Ternyata memiliki bahaya tersendiri. Sadar tidak sadar, pasti pernah melakukan hal di bawah ini.

Gosip

Ajang reuni puasa pastinya berbincang-bincang tentang ini dan itu. Pengalaman atau cerita di masa sekolah. Banyak yang akan terbahas ketika reuni buka puasa Bersama itu. Dan biasanya, setelah berbincang-bincang itu kita tidak akan jauh dengan bergosip. Nah hal tersebut yang harus kita hindari. Bergosip selain berdosa, amalan puasa kita juga berkurang. Bahkan bergosip sama dengan memakan bangkai saudara sendiri.

Telat Shalat Magrib

Kalau sudah kumpul, saat buka puasa pastilah setelah makan tidak langsung sholat magrib dengan alasan ‘tunggu makanan turun’. Ini karena makanan yang dimakan lebih banyak dari saat buka puasa dirumah. Bahaya telat shalat wajib bisa menyebabkan rezeki kita juga telat datang lho. Tidak hanya rezeki, ketika kita ada masalahpun solusi akan telat datang.

Pamer

Pamer! Nah loh, hati-hati nih. Biasanya ketika tadi kita bergosip akan merembet juga ke hal pamer. Seperti pamer tentang kerjaan, gaji, kehidupan liburan dan lainnya. Perlu diingat bahwa setan sangat menyukai orang yang suka pamer. Terlebih orang yang suka pamer akan mengalami kendala social. Dijauhi orang-orang.

Ninggalin Tarawih

Yang paling sering nih, shalat tarawihnya pun ditinggalkan sehingga tidak mendapat pahala shalat semalam suntuk bersama imam.

Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya jika seseorang shalat bersama imam hingga imam selesai, maka ia dihitung mendapatkan pahala shalat di sisa malamnya.” (HR. Ahmad 5: 163. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.