XL Perkuat Jaringan Selama Natal dan Tahun Baru di Lombok

529
kali tampilan.
Teknisi sedang melakukan perawatan perangkat BTS (Base Transceiver Station) milik XL Axiata di menara yang berdiri di perbukitan Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. BTS ini menjangkau pelanggan di area wisata sekitar Pantai Senggigi hingga Gili Trawangan
Loading...

LOMBOKita – Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang.

Persiapan jaringan meliputi peningkatan kapasitas hingga 2x dari hari normal, optimalisasi di area-area tujuan wisata di Indonesia, termasuk di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

selain Lebaran, libur panjang akhir tahun mulai Natal hingga Tahun Baru adalah momen di mana trafik selalu mengalami peningkatan

Tahun lalu, kata I Gede Darmayusa, trafik data meningkat sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa.

“Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15% di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan,” jelas I Gede Darmayusa.

Untuk pulau Lombok, XL Axiata telah menyiapkan jaringan guna menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru, termasuk kawasan wisata populer seperti Pantai Senggigi, Kuta Mandalika, Wisata Gunung Rinjani hingga Gili Trawangan.

Loading...

Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Gede optimis kualitas layanan data selama liburan panjang nanti akan tetap prima dan pelanggan akan tetap mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan ini, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS.

Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.”

Pada tahun lalu, libur panjang akhir tahun telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan. Antara 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, secara rata-rata terjadi kenaikan trafik sekitar 83% dibandingkan hari-hari normal. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan Instant Messaging, yaitu meningkat lebih dari 500% dibandingkan hari-hari biasa.

Manajemen XL Axiata mencatat, antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran. Jalan-jalan di Ibukota Jakarta menjadi lengang, sementara itu jalan menuju luar kota menjadi padat. Melalui sistem monitoring jaringan, bisa terlihat pula tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

2 KOMENTAR

  1. untuk wilayah batu jangkih khususnya yang akan menjangkau daerah wisata pantai “torok aik belek” mohon kapan kita di pasangkan jaringan xl, kami sangat membutuhkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.