LOMBOKita – Siapa yang tak suka sate? Sepertinya, siapa pun suka, ya? Iya dong, sebab makanan yang satu ini memang sangatlah lezat. Daging yang dibakar, bumbu yang meresap, dan tambahan bumbu saat daging sudah dibakar, jelas membuat sate semakin menjadi makanan favorit banyak orang.

Sate di Indonesia tak hanya satu macam. Lagi-lagi, layaknya makanan lain, setiap daerah juga memiliki resep sate sendiri. Setiap daerah memiliki kekhasannya sendiri. Yang satu sama lain berbeda dan sulit untuk diperbandingkan.

Berikut ini beberapa macam sate khas Indonesia yang wajib kita tahu dan wajb kita cicip satu per satu.

1. Sate Madura

Sate yang satu ini bisa kita temui di mana saja, tak hanya di Madura. Sebab memang para penjual sate Madura banyak yang mengadu nasib ke banyak daerah. Rasa daging satenya yang manis dari pemakaian kecap manis membuat sate ini banyak disukai.

Ya, sate Madura adalah jens sate khas dari pulau Madura, Jawa Timur. Daging ayam yang sebelum dibakar dibumbui kecap, dan lalu diberi bumbu saus kacang setelah dibakar, kemudian juga ditambah irisan bawang putih, bawang merah, kecap, serta sambal dan atau juga cabai rawit. Ditambahkan pada sepiring nasi putih mengepul atau pun lontong atau ketupat membuat sensasi makan menjadi sangat lezat.

2. Sate Padang

Sate yang satu ini juga tak kalah banyaknya di kita. Tak mesti ke Padang untuk bisa mencicipnya. Sebab seperti tukang sate Madura, pedagang sate Padang juga banyak yang mengadu nasib di banyak tempat di seluruh Indonesia. Biasanya sih, di mana ada warung makan Nasi Padang, dijual juga sate Padang.

Ya benar, sate Padang merupakan sate khas tanah Minangkabau atau Kota Padang. Meski tak sepopuler sate Madura, sate ini juga banyak disukai. Tak hanya oleh orang Padang saja.

Kekhasan sate padang ini adalah bahannya yang daging sapi atau kambing, dan kemudian dipotong kecil-kecil, dan lalu direbus bersama bumbu. Kemudian, baru dipanggang. Kuah yang dipakainya bukanlah bumbu kacang, melainkan kuah kuning kental yang terbuat dari campuran tepung beras, kaldu sapi, serta bumbu-bumbu rempah khas Padang.

3. Sate Lilit

Sate lilit juga banyak yang menyukai. Lagi-lagi, meski sate yang berasal dari Bali ini tak sepopuler sate Madura, tapi rasa lezatnya tak bisa dibandingkan dengan sate yang lainnya. Daging sapi, daging ikan, daging babi, daging kambing, dan atau bahkan daging kura-kura yang dicincang atau dihaluskan merupakan bahan dasar dari sate lilit.

Daging yang harus dihaluskan terlebih dahulu ini kemudian diaduk merata bersama dengan bumbu khas Bali. Barulah nanti dibungkus secara melilit pada tusukan yang terbuat dari bambu yang pipih, batang serai, atau batang tebu. Terakhir, daging melilit tersebut dipanggang.

4. Sate Maranggi

Sate maranggi adalah sate yang berasal dari daerah Purwakarta. Bahan utamanya berupa daging kambing. Kemudian diberi bumbu dengan renpah-rempah tertentu. Barulah nanti disajikan dengan tambahan potongan tomat serta irisan cabai.

Yang menjadi kekhasan sate Maranggi dari sate domba lainnya terletak pada bumbu yang digunakan. Ya, sebelum dibakar, daging domba terlebih dahulu direndam dengan pasta cabai hijau bersama dengan cuka tebu.

5. Sate Klathak

Sate ini mungkin jarang ditemui. Akan tetapi buat para pencinta sate, kekhasannya sangatlah nikmat. Sate Klathak merupakan sate khas Yogyakarta. Bahan yang digunakan sate ini adalah daging kambing. Yang menjadi pembeda sate ini dari sate lain adalah proses pembakarannya yang menggunakan jeruji sepeda.

Jadinya, panas api pembakaran akan merata di sepanjang besi keruji. Akibatnya, sensasi daging matangnya sangatlah nikmat.

6. Sate Taichan

Sate yang satu ini memiliki kekhasan pada proses pembakarannya. Ya, daging ayam dibakar tanpa dibumbui apa pun. Sate Taichan hanya perlu bumbu sambal, garam, serta perasan jeruk nipis untuk ditambahkan setelah dibakar. Beberapa waktu yang lalu, sate Taichan ini pernah ngehits. Dan yang makan banyaknya adalah orang yang berdiet. Sebab di sate ini minim sekali lemaknya.

Itu dia 6 macam sate yang ada di nusantara yang wajib diketahui dan dicicipi. Masih banyak sebenernya sate-sate dari daerah lain yang juga memiliki kekhasan masing-masing. Dan kesemuanya juga tak kalah enak.

Sudah pernah mencicip semuanya? Pesan Citilink di sini agar bisa langsung terbang ke daerah-daerah asalnya. Biar sekalian bisa traveling ke tempat-tempat yang indah.

Semoga saja mendapatkan tiket murah yang sesuai dengan kantong kita. Tapi tetap jaga kesehatan ya. Dengan cara disiplin protokol kesehatan tentunya. Supaya jalan-jalan nyaman dan aman, segalanya juga lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.