Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi mengangkat trofi usai negaranya keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis pada laga final di Stadion Lusail, Qatar, Senin (19/12/2022) dini hari WIB. [Odd ANDERSEN / AFP]

LOMBOKita – Argentina juara Piala Dunia 2022. Itu terjadi usai Lionel Messi cs berhasil menang adu penalti lawan Prancis 4-2. Dalam waktu 120 menit, kedua tim ini bermain imbang 3-3.

Laga yang membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 ini berlangsung pada 18 Desember 2022 malam WIB. Tempatnya digelar di Lusail Iconic Stadium.

Dalam laga tersebut, Kylian Mbappe cetak hattrick. Namun sayang, itu tak membuat Prancis jadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tak mau kalah dengan Mbappe, Lionel Messi juga cetak brace pada laga tersebut. Bahkan, ia juga menjadi Man of the Macth pada laga Argentina vs Prancis.

Jalannya pertandingan, Argentina menguasai bola dari awal pertandingan. Bahkan, sejumlha peluang tercipta. Namun, masih gagal dijadikan gol.

Di menit ke-21, Argentina dapat hadiah penalti dari wasit. Sang Algojo, Lionel Messi berhasil mengeksekusi bola. Skor 1-0 tim Tanggo unggul.

Meski sudah unggul, tak membuat anak asuh Lionel Scaloni mengendurkan penyerangan. Argentina menambah keunggulan pada menit ke-36 ketika Di Maria mencatatkan namanya di papan skor.

Dari serangan balik cepat, Argentina mampu menembus pertahanan Prancis yang lowong. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Argentina masih mendominasi babak kedua dan nyaris mendapatkan gol ketiga pada menit ke-50 lewat sepakan voli De Paul yang masih tepat di pelukan Lloris.

Sembilan menit kemudian giliran Alvarez yang punya kans untuk menjebol gawang Prancis, tapi bola sepakannya bisa ditepis Lloris.

Namun, kejutan tiba di akhir babak kedua, secara mengejutkan, Prancis berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 hanya dengan waktu kurang dari 3 menit.

Karena imbang 2-2, otomasit pertandingan akan dilanjut dengan babak tambahan waktu 2×15 menit.

Di babak pertama tambahan waktu, Argentina berhasil kembali unggu lewat gol Messi. Skor jadi 3-2.

Skor jadi 3-3 pada menit ke-116! Prancis mendapat hadiah penalti setelah tembakan Mbappe diadang Gonzalo Montiel dengan tangan. Mbappe mencetak hat-trick setelah bola sepakannya mengecoh Martinez yang bergerak ke kanan.

Dengan begitu, juara final Piala Dunia 2022 harus ditentukan lewat babak adu penalti. 2 Penendang Prancis gagal masukan bola ke gawang Argentina sedangkan Tim Tanggo semuanya berhasil.

Untuk itu, skor akhir menjadi 4-2. Itu membuat Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar.