Ilustrasi tinggi badan anak, tubuh pendek atau stunting. ( Shutterstock)

LOMBOKita – Menghabiskan waktu bersama anak akan membantu orangtua untuk memperkuat ikatan serta lebih memahami sang buah hati. Salah satu hal yang dapat dilakukan orangtua untuk menghabiskan waktu bersama yaitu dengan mengajak anak jalan-jalan ke luar rumah.

Mengajak anak jalan ke luar rumah ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan rutin sebab memberikan berbagai manfaat positif. Dirangkum dari Suara.com yang melansir laman Elca Center, berikut terdapat beberapa manfaat yang diberikan dari mengajak anak jalan ke luar rumah.

1. Menjauhkan anak dari elektronik

Seperti yang diketahui, saat ini banyak anak yang kecanduan dengan alat-alat elektronik seperti televisi, laptop, hingga ponsel. Jika berlebihan hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk untuk anak.

Oleh karena itu, orang tua dapat mengajak anak ke luar rumah. Hal ini dapat mengalihkan perhatian anak. Selain itu, mengajak anak juga membantu memberikan udara yang baik serta menjelajaj dunia secara nyata.

2. Lebih banyak bergerak

Berdiam di rumah akan membuat gerak anak menjadi terbatas. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada kesehatan anak. Dengan mengajaknya jalan keluar, ada aktivitas fisik yang dilakukan anak. Hal ini juga menjadi waktu olahraga untuk anak sehingga tubuhnha lebih sehat. Selain itu, udara dari luar juga memberikan manfaat baik bagi tubuh.

3. Mempererat hubungan dengan anak

Dengan mengajak anak jalan ke luar, akan membantu mempererat hubungan. Hal ini karena adanya komunikasi serta kontak fisik secara langsung dengan anak. Selain itu, meluangkan waktu di luar adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan dan komunikasi di antara orang gua dan anak.

4. Membentuk kebiasaan sehat

Mengajak anak jalan ke luar akan membantunya memiliki kebiasaan sehat. Anak akan jadi terbiasa melakukan jalan ke luar. Hal tersebut juga menjadi olahraga untuk anak sehingga baik untuk kesehatannya. Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seperti jalan santai, lari, dan lain-lain.