LOMBOKita – PT ITDC Nusantara Utilitas, turutserta mewujudkan program energi berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat yang digaungkan pemerintah melalui penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Energi berkeadilan menjadi bagian bakti nyata PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) dengan menyediakan BBM bagi masyarakat sekitar kawasan pariwisata The Mandalika di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) The Mandalika 54.835.14 yang merupakan salah satu kegiatan usaha ITDC NU.

Menandai penyediaan BBM dengan harga terjangkau tersebut, ITDC NU menggelar peresmian penyaluran Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) Minyak Solar atau BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14.

Penyediaan BBM Solar Subsidi ini merupakan hasil kerjasama antara ITDC NU dengan Badan Pengatur Hilir Minyak & Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina Patra Niaga. Seremoni peresmian penyaluran BBM Solar Bersubsidi dihadiri Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, Integrated Terminal Manager TBBM Ampenan PT Pertamina (Persero) Firman Nugroho, Kepala Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah Yusuf, Kepala Pemadam Kebakaran Wilayah Lombok Tengah Ridwan, Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti, Direktur Utama ITDC Nusantara Utilitas A. A. Istri Ratna Dewi, Direktur ITDC Nusantara Utilitas Hari Wibisono, Dandim 1620 WB Lombok Tengah Mayor Inf. Gede Narida, Kapolres Lombok Tengah AKBP Irfan Nurmansyah, Kapolsek Kuta I Made Dimas Widyantara, Kepala Satpol PP Lombok Tengah Lalu Rinjani, Camat Pujut Lalu Sungkul, Kepala Desa Kuta Mirate, Kepala Desa Sengkol Satria Wijaya, Kepala Desa Mertak Mu Sahnan, Kepala Desa Sukadana Syukur, Kepala Desa Pengengat Sudiman dan Kepala Desa Teruwai M. Arta.

Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Warokka mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung terwujudnyan penyaluran BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14.

“Penyedian BBM Solar Subsidi ini merupakan wujud perhatian kami kepada masyarakat sekitar kawasan The Mandalika yang memiliki aktivitas sebagai petani dan nelayan. Bantuan ini akan memberikan manfaaat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar Desa Penyangga dan bagi pengunjung di kawasan The Mandalika dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan maju,” jelas Troy Reza Warokka saat peresmian penyaluran BBM bersubsidi di SPBU The Mandalika, Kamis (20/1/2023).

Dijelaskannya, sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Republik Indonesia tentang Kuota Volume Penyalur Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu Tahun 2023 tanggal 23 Desember 2022, SPBU The Mandalika 54.835.14 dibawah kepemilikan PT ITDC Nusantara Utilitas mendapatkan Kuota Volume JBT Minyak Solar untuk Tahun 2023 sebesar 2.989 kilo liter.

Kuota volume JBT Minyak Solar ini, kata dia, menjadi langkah awal bagi ITDC NU untuk memenuhi kebutuhan BBM Solar Subsidi bagi masyarakat sekitar Kawasan yang berhak untuk mendapatkan BBM Solar Subsidi tersebut.

Adapun kriteria masyarakat yang berhak untuk mendapatkan BBM Solar Subsidi ini telah diatur dan tercantum dalam Lampiran Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Direktur Utama PT ITDC Nusantara Utilitas A.A. Istri Ratna Dewi mengungkapkan, penyaluran BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14 ini merupakan terobosan baru yang dilakukan ITDC NU untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Upaya ini sejalan dengan program Pemerintah meenyalurkan BBM Solar Subsidi secara tepat sasaran dan tepat guna yaitu sesuai dengan kriteria konsumen pengguna yang berhak mendapatkan BBM Solar Subsidi tersebut.

“Terwujudnya kehadiran energi berkeadilan bagi masyarakat kawasan The Mandalika dan sekitarnya ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh ITDC kepada ITDC NU,” kata A.A Istri Ratna Dewi.

Kualitas hidup masyarakat yang meningkat sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi sekitar KEK Mandalika, yang akan berdampak pada peningkatan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) khususnya di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Besar harapan kami terobosan penyediaan dan pendistribusian BBM Solar Subsidi di SPBU The Mandalika 54.835.14 ini, akan menjadi motivasi bagi PT ITDC Nusantara Utilitas untuk terus mengembangkan kegiatan usahanya dalam menghadirkan energi berkeadilan lainnya di seluruh penjuru Nusantara.” tutup Ratna.