Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr HM Nursiah (pegang mic) saat acara hasil sangkep warige penentuan waktu Bau Nyale 2023 di Dusun Adat Sasak Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB, Rabu, (11/1/2023). / foto: Japar / Prokopim Pemkab Loteng

LOMBOKita – Tradisi Bau Nyale yang setiap tahun diadakan di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat telah diputuskan pelaksanaanya pada Jumat-Sabtu tanggal 10-11 Februari 2023 mendatang.

Penentuan tanggal pelaksanaan core event tersebut bersarkan Sangkep Warige atau rapat penentuan yang dilaksanakan oleh para tokoh adat, tokoh agama dan budaya di Dusun Adat Sasak Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah pada Rabu, (11/1/2023).

Para tokoh tersebut berdasarkan perhitungan kalender Sasak dan melihat tanda-tanda alam di sekitar pantai selatan bumi Tatas Tuhu Trasna itu akhirnya sepakat acara Bau Nyale dilaksanakan 10-11 Februari 2023.

Acara adat Sangkep Warige penentuan waktu Bau Nyale 2023 diakhiri dengan penandatangan berita acara hasil Sangkep Warige dan penyerahan berita acara hasil keputusan sangkep warige oleh Ketua Majelis Adat Sasak Lombok Tengah, Lalu Purnama Agung kepada Pemkab Lombok Tengah yang diterima oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. HM. Nursiah dan pemukulan Gong.

Seperti diketahui, acara tangkap cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan legendaris cantik Putri Mandalika itu dilaksanakan setiap tahun di Pantai Seger Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Acara itu juga menjadi daya pikat para wisatawan yang ikut berbaur dengan masyarakat setempat untuk mengikuti proses menangkap nyale. Ribuan masyarakat tumpah ruah turun ke laut mencari nyale menggunakan jaring seadanya. Yakin gak mau ke Lombok untuk mengikuti acara Bau Nyale?