Bisnis Online Shop Mulai Sepi? Coba Terapkan 5 Hal Ini!

85
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Banyaknya penjual online shop membuat persaingan bisnis online semakin ketat, akibatnya banyak penjual online shop yang sepi pembeli.

Enggak bisa dimungkiri kalau saat ini lebih banyak orang yang memilih untuk belanja online. Hal ini pula yang kemudian dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mulai berjualan di media sosial. Namun, banyaknya online shop yang kini banyak bermunculan membuat persaingan bisnis semakin ketat.

Akibatnya, banyak online shop yang mulai sepi pembeli. Nah, kalau kamu tengah mengalami masalah tersebut, tak perlu khawatir karena kamu bisa meningkatkan kembali bisnis kamu melalui cara di bawah ini, Yuk, disimak!

1. Sering-sering meninggalkan komen
Sudah sering beli pulsa indosat dan isi paket internet untuk update media sosial tapi penjualan juga belum meningkat? Cara satu ini mungkin bisa jadi solusinya.

Salah satu cara agar lapak jualanmu bisa dikenal orang adalah dengan meninggalkan komentar di akun-akun para selebriti, selebgram, dan akun lain yang memiliki banyak follower. Kalau mau menarik lebih banyak pelanggan, tinggalkan komentar di akun yang segmen pasarnya sesuai dengan produkmu.

Misalnya, kalau kamu jualan kosmetik, maka selebgram yang kamu sasar adalah beauty influencer. Meski harus rajin-rajin meninggalkan komentar, jangan pernah untuk spam di akun tersebut. Yang ada, akun kamu malah di-block oleh pemilik akun. Jadi, tinggalkan komentar yang bermanfaat, ya!

2. Endorse selebriti, selebgram atau influencer

Buat kamu yang masih punya sisa profit yang belum terpakai, coba gunakan profit hasil jualanmu untuk endorse para selebriti, selebgram atau pun influencer. Memang, sih, hal ini akan memakan cukup banyak biaya, namun tak ada salahnya keluar biaya lebih untuk meningkatkan penjualanmu, kan?

Kalau misalnya tarif selebriti terlalu mahal untukmu, coba saja bidik selebgram kekinian. FYI, mereka banyak dijadikan panutan anak-anak muda zaman sekarang, lho. Kamu bisa tawarkan endorsement ke mereka dengan mengirimkan e-mail resmi guna memperkenalkan barang jualanmu.

3. Upload foto secara berkala
Masih punya sedikit followers atau likes di Instagram masih sedikit? Coba atasi dengan upload beberapa foto secara berkala. Dengan sering mengunggah foto koleksi barang terbaru, ini artinya kamu sama memberi tahu para pelanggan kalau kamu masih aktif berjualan dan benar-benar eksis di media sosial.

Namun perlu diingat kalau angle foto juga menentukan bagus atau tidaknya hasil foto tersebut. Cobalah untuk belajar teknik memotret produk. Kamu bisa mempelajarinya melalui YouTube atau melihat akun-akun online shop lainnya.
Jadi, tunggu apalagi, yuk, segera rapikan feed Instagram kamu dan upload foto barang dagangan kamu sekarang juga!

4. Selipkan video
Kalau stok foto terbaru sudah enggak ada, cobalah untuk meng-upload video barang daganganmu. Kalau kamu berjualan barang seperti gadget, kamu bisa upload video tutorial cara menggunakan gadget tersebut.

Atau, kamu juga bisa memberikan informasi seputar tips dan trik cara penggunaannya.

Nah, kalau kamu berjualan baju, kamu bisa membuat video mix and match baju-baju tersebut. Dengan begini, orang jadi semakin tertarik untuk melihat akun media sosialmu. Tak perlu membuat video dengan durasi yang terlalu lama, cukup 50 detik sampai 1 menit saja. Yang terpenting, edit video tersebut semenarik mungkin supaya lebih menarik untuk ditonton.

5. Promosi di berbagai media sosial
Kalau selama ini, kamu hanya fokus terhadap satu media sosial saja, mulailah untuk promosi di media sosial lain.

Cari media sosial yang saat ini sedang ramai digunakan netizen. Kalau misalnya Facebook sudah mulai sepi, coba beralihlah ke Instagram dan Twitter.
Itu dia trik yang bisa kamu lakukan. Jadi, sudah siap melakukan semua cara di atas? Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.