Plt. Dirut PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo / ist

LOMBOKita – Sejumlah desa penyangga KEK Mandalika akan segera menikmati air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Rinjani Lombok Tengah.

Demikian dijelaskan Plt Direktur PDAM Tirta Ardhia Rinjani Bambang Sopratomo di kantornya, Rabu (10/5/2023).

Menurut Bambang, saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan untuk pemasangan pipa jaringan ke beberapa desa penyangga KEK Mandalika.

“Beberapa desa penyangga KEK yang akan dialiri air PDAM diantaranya Desa Mertak, Desa Sukadana dan Desa Gerupuk,” sebut Bambang.

Dijelaskannya, air PDAM akan dialiri dari sistem air baku yang berada di Desa Pengga yang kemudian dipompa ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Desa Pengengat baru kemudian dialirkan ke Mandalika dan beberapa desa Penyangga.

“ITDC telah menyiapkan dua tanki besar yang ditempatkan di sisi barat dan timur untuk kebutuhan di sirkuit Mandalika dan kawasannya. Sementara untuk desa-desa penyangga yang akan dialiri tetap sistem meterisasi,” papar Bambang.

Untuk tahap awal ini, kata dia, PDAM akan menyiapkan air bersih sebanyak 50 liter per detik. BUMN Cipta Karya juga menyiapkan 150 liter per detik. Itu setara dengan 15 ribu pelanggan.

PDAM Lombok Tengah, katanya, tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hal itu juga dibuktikan dengan upaya peningkatan pelayanan pelanggan di seluruh kecamatan.

Pemetaan persoalan pekayanan di kecamatan itu, katanya, sekaligus untuk mengantisipasi kekurangan air bersih saat musim kemarau mendatang.

“Penting diantisipasi saat musim kemarau, karena berdampak pula dengan kondisi sumber mata air. Karena itu, pemetaan persoalan di seluruh kecamatan harus diantisipasi,” katanya.

Pekerjaan jangka pendek juga rutin dilakukan, seperti perbaikan kebocoran pipa, perbaikan infrastruktur dan pemeliharaan sumber-sumber mata air.