AKP Rita Sorcha Yuliana, Foto: Instagram

LOMBOKita- Hari ini, Kamis 1 Juli 2021, Polisi wanita (Polwan) cantik yang sempat menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu, Iptu Rita Yuliana naik pangkat menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Kenaikan pangkat wanita yang berasal dari Selong, Lombok Timur ini mungkin perlu diabadikan, sebab pangkat ini disematkan tepat di hari ulang tahunnya dan di tempat asalnya pula yaitu kota Selong.

Rita lahir pada 1 juli 1992 di Selong, dan saat ini genap berusia genap 29 tahun. Usia yang sangat muda  dengan pangkat AKP.

Ditemui di ruangannya beberapa waktu lalu, AKP Rita banyak bercerita tentang pengalaman hidupnya mulai dari masa sekolah hingga lulus Akpol. Bahkan, ada sesuatu yang mengejutkan, ternyata AKP Rita dulu pernah tidak mau jadi polisi lantaran ditilang.

“Waktu itu baru kelas dua SMA, pas ke Selong, saya ditilang. Sakit hati banget sumpah. Eeehh, sekarang malah jadi polisi, kasat Lantas di Lotim pula,” ujar Rita beseloroh beberapa wakttu lalu.

Rita menuturkan, awalnya ia ingin menjadi seorang dokter, namun setelah mendengar bahwa biaya kuliah untuk kedokteran sangat mahal iapun mengurungkan niatnya. Sebab saat itu keadaan ekonomi keluarganya masih minim.

Kala itu, orang tua Rita hanya bekerja sebagai Staf Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan ia sempat bimbang untuk mengejar mimpinya sebagai seorang dokter yang harus terkendala karena keadaan.

Tak putus asa, ia terus giat mengejar cita citanya yang lain. Ia pun mencoba ikut berbagai seleksi, mulai dari Paskibraka, hingga test pramugari udara. Rita pun lulus test pramugari pada tahun 2010

Namun karena merasa tidak sesuai dengan lingkungannya Rita mengurungkan niatnya menjadi pramugari dan memilih untuk menjadi polisi.

“Maklum saat itu di kampung kan tinggalnya, jadi kayak gimaanaa gitu rasanya di lihat jadi pramugari. Akhirnya ada informasi dari temen ada pembukaan polisi, ya ikut dan Alhamdulillah lulus Akpol,” kata Rita

Usai lulus, pada tahun 2013 dengan pangkat Inspektur Dua (IPDA) ia mengawali karirnya di Polres Gunung Kidung, DIY. Kemudian pada 2018 ia menerima kenaikan pangkat menjadi IPTU dan bertugas di Subdit V polda NTB.

Pada 2020, ia mendapat promosi sebagai Kasat Lantas di Polres Lombok Barat. Setelah Sembilan bulan menjabat, Rita kemudian di Mutasi ke Polres Lombok Timur dengan jabatan tetap kasat Lantas.

“Senang banget bisa di sini, di tempat kelahiran dan dekat dengan keluarga,” kata Rita menutup perbincangan.