LOMBOKita – Hari pertama pelaksanaan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (11/11/2022) terlihat sepi pengunjung. Deretan kursi penonton terlihat tanpa penghuni di tribun sejumlah zona yang ada di sirkuit Mandalika.

Sepinya penonton tersebut dirasakan sejumlah pedagang UMKM yang berada di kawasan sirkuit Mandalika maupun dari kalangan penonton.

“Mungkin karena hari pertama ini sesi latihan, makanya tidak banyak yang membeli tiket hari pertama,” kata salah seorang penonton asal Desa Mangkung, Nur, Lombok Tengah.

Dibanding tahun sebelumnya, kata dia, penonton WSBK di sirkuit Mandalika jauh lebih banyak. Bahkan banyak diantara penonton yang naik ke bukit untuk menyaksikan balapan kelas dunia tersebut.

Demikian pula dengan kalangan UMKM yang menyajikan aneka makanan, minuman dan oleh-oleh maupun camilan dan air minum merasakan sepinya pengunjung apalagi untuk berbelanja.

“Dari pagi sampai sore hanya empat orang yang datang membeli kopi,” keluh Muna, salah seorang pelaku UMKM asal Lombok Utara.

Padahal, kata Muna, modal untuk penjualan kopi sekitar Rp5 juta. Namun di hari pertama masih jauh untuk balik modal.

“Mudahan besok di hari kedua sampai selesai bisa meningkat,” harapnya.

Lebih lanjut, ia sebagai sebagai perwakilan dari ekonomi kreatif Dinas Pariwisata Lombok Utara.

Kemudian untuk penginapan sendiri, ditanggung oleh pihak Dinas Pariwisata

Ia berharap di WSBK seri ke 11 ini dagangannya laris dan dapat menutupi modal yang sudah dikeluarkan.