Winger Timnas Inggris, Bukayo Saka (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Iran pada laga Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. [AFP]

LOMBOKita – Timnas Inggris menggila di laga matchday 1 Grup B Piala Dunia 2022. The Three Lions melibas Timnas Iran tanpa ampun dengan skor 6-2 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Bukayo Saka jadi bintang kemenangan Inggris di laga ini dengan sumbangan dua gol, sementara Harry Kane mengkreasi dua assist.

Gol-gol The Three Lions lainnya masing-masing dicetak Jude Bellingham, Raheem Sterling, serta duo pemain pengganti; Marcus Rashford dan Jack Grealish.

Gelandang Timnas Inggris, Jude Bellingham melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Iran pada laga Piala Dunia 2022 di Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Sementara itu, dua gol ‘hiburan’ Iran di partai ini dicetak striker Mehdi Taremi.

Dengan kemenangan ini, Inggris mantap memuncaki klasemen sementara Grup B dengan poin 3 dan selisih gol +5. Mereka pun membuktikan diri layak jadi salah satu favorit juara Piala Dunia 2022.

Sementara bagi Team Melli –julukan Timnas Iran, kekalahan telak ini jelas jadi warning tersendiri bagi jagoan Asia tersebut jika mereka tak ingin cepat-cepat angkat koper dari Qatar.

Di Stadion Khalifa, pada menit ketiga, bek Timnas Inggris, Harry Maguire mengklaim penalti usai dirinya ditarik pemain Iran di kotak terlarang. Namun, baik wasit maupun petugas VAR bergeming dan tak memberikan penalti untuk Inggris.

Menit ke-12, petaka datang buat Iran saat kiper utama mereka, Alireza Beiranvand bertubrukan dengan rekan sendiri saat situasi serangan Inggris.

Setelah cukup lama mendapatkan perawatan karena hidungnya terlihat patah, Beiranvand harus ditatik keluar untuk digantikan kiper kedua, Hossein Hosseini.

Menit 24, winger veteran Iran, Alireza Jahanbaskh menerima kartu kuning usai menginjak kaki bek sayap Inggris Luke Shaw.

Setelah itu, Iran terus melanjutkan permainan keras mereka. Inggris tetap mendominasi permainan dan serangan. Sementara Iran mengandakan counter-attack dan pertahanan disiplin ala Carlos Quieroz.

Menit 29, Inggris mendapatkan peluang emas lewat Mason Mount. Sayang, sepakan pemain Chelsea itu masih menyamping di sisi gawang Iran.

Menit ke-32, Inggris nyaris unggul setelah tandukan Harry Maguire dari situasi sepak pojok membentur mistar gawang Iran yang kini dikawal kiper pelapis.

Beruntung, tiga menit berselang, wonderkid Jude Bellingham membawa Inggris unggul 1-0. Sebuah crossing cantik Shaw dari sisi kiri ditanduk dengan manis oleh Bellingam untuk membawa The Three Lions unggul sebelum half-time.

Menit ke-42, Inggris menambah keunggulan mereka setelah sepakan kaki kiri maut Bukayo Saka menembus gawang Iran.

Dan di injury time, The Three Lions kian menjadi-jadi. Sodoran Harry Kane dari sisi kanan dicocor dengan manis oleh Raheem Sterling di mulut gawang Iran.

Dan setelah injury time babak pertama mencapai 14 menit, karena jeda cedera kiper Iran tadi, Inggris menurunkan tensi serangan mereka. Keunggulan nyaman 3-0 sudah dikantongi pasukan Gareth Southgate menuju half-time.

Masuk paruh kedua, Inggris sama sekali tak menurunkan pedal gas meski sudah unggul besar.

Menit ke-62, Bukayo Saka mencetak gol keduanya dengan tembakan dengan kaki kiri dari bagian tengah kotak 16. Saka dengan cantik mengelabui tiga pemain lawan, sebelum melepakan plessing ke sudut kiri bawah gawang Iran.

Tiga menit berselang, Iran akhirnya memberikan reaksi dengan mencetak gol pertama mereka.

Bomber Porto, Mehdi Taremi melepas tembakan keras kaki kanan di depan gawang Inggris, yang tak bisa dibendung kiper Jordan Pickford.

Menit ke-71, Marcus Rashford melepas tendangan kaki kiri setelah melakukan dummy dengan kaki kanannya di kotak penalti Iran. Inggris unggul 5-1.

Dan pada menit ke-89, giliran Jack Grealish mencatatkan namanya di papan skor. Grealish tinggal mencocor bola di depan gawang Iran usai menerima sodoran dari Callum Wilson.

Di injury time, tepatnya pada detik-detik terakhir laga, Iran sendiri mendapatkan satu lagi gol konsolasi yang membuat mereka memperkecil skor jadi 2-6.

Susunan Pemain:

Timnas Inggris XI: Pickford; Trippier, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Bellingham, Mount; Saka, Kane, Sterling.

Pelatih: Gareth Southgate (Inggris)

Timnas Iran XI: Beiranvand, Moharrami, Hajsafi, Mohammadi, Jahanbakhsh, Pouraliganji, Taremi, Cheshmi, Karimi,Hosseini, Nourollahi.

Pelatih: Carlos Queiroz (Portugal)