LOMBOKita – Dalam kunjungan spesifik perorangan di Daerah Pemilihan (Dapil) nya, anggota DPR RI dari Partai Gerindra, H. Bambang Kristiono, SE (HBK) mengadakan kunjungan ke Dusun Boleh, Desa Jurit Baru, Kec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur, Minggu (16/04/2023).
 
Dalam kunjungannya kali ini, HBK turun langsung mendengar aspirasi warga yang sedang memperbaharui jaringan air bersih mereka, setelah terkena banjir bandang yang merusak aliran pipa penyalur air bersih beberapa waktu yang lalu.
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kec. Pringgasela telah menyebabkan suplai air bersih di beberapa dusun terputus.
 
“Kunker spesifik perorangan ini, saya khususkan untuk datang dan mendengar langsung aspirasi masyarakat, sekaligus berdiskusi berbagai hal,” kata HBK dalam sambutannya.
 
Air bersih memang telah mendapat perhatian khusus HBK selama ini, karena HBK memahami betul bahwa persoalan dukungan air bersih yang masih minim bagi sebagian warga P. Lombok masih menjadi persoalan serius yang terus berlangsung dari tahun ke tahun, lanjut Politisi yang dikenal humble ini.
Untuk mengatasi persoalan air bersih di P. Lombok tersebut, HBK telah berhasil membawa program aspirasi dari Kemenhan RI untuk membangun puluhan sumur bor.
Namun program bantuan sumur bor ini bukan hanya disalurkan di P. Lombok, tapi juga kepada masyarakat yang ada di P. Sumbawa.
 
Pembangunan sumur-sumur bor ini diharapkan mampu menjadi solusi tuntas, permanen, dan jangka panjang bagi pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah-wilayah yang rentan mengalami bencana kekeringan, ungkapnya.
 
“Kalau di wilayah Kec. Pringgasela ini, ternyata sumber air bersihnya sangat berlimpah, dan pipanisasi yang dilakukan warga pada saat ini sudah sangat tepat dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” kata pemilik Klub sepak bola Lombok FC ini.
 
HBK juga mengaku banyak mendapat ilmu baru setelah berdiskusi langsung dengan warga, terutama tentang sistem penyaluran air bersih yang sudah dikembangkan warga selama ini.
 
“Luar biasa semangat gotong royong yang ada di masyarakat Dusun Bolen ini.
Saya sangat mengapresiasi. Hal-hal semacam ini tentu harus terus kita kembangkan ditengah-tengah masyarakat kita, bahwa kegotong-royongan adalah solusi tepat untuk menyelesaikan berbagai masalah dan persoalan yang ada di tengah-tengah warga,” ucapnya.
 
HBK juga mengungkapkan apresiasinya kepada warga terkait program pipanisasi, pemeliharaan sumber mata air, serta perluasan jaringan distribusi. Dan program-program yang menyentuh langsung kehidupan warga seperti ini, akan terus diperjuangkan HBK bersama anggota DPRD Partai Gerindra yang lain.
 
Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Dusun Bolen, Lalu Rusdi mengatakan bahwa saat ini memang warga sedang fokus pada penataan sumber mata air yang ada di sekitaran tempat tinggal mereka agar suplai air bersih tetap terjaga.
 
“Pipanisasi air bersih dari sumber air Tibu Bunter, Kec. Pringgasela sudah mampu melayani hampir 700 KK. Kedepannya, kami akan berusaha memperbaharui jaringan pemipaan dan bak-bak penampungan yang sudah ada. Target kami nantinya bisa melayani dusun-dusun lain, bahkan desa sebelah yang setelah disurvei jumlahnya kurang lebih 3.000 KK,” kata Lalu Rusdi, salah satu tokoh pemuda yang hadir di tempat pertemuan tsb.

 
Serah Terima Dua Armada Tangki Air Bersih Baru ke HBK Peduli Lotim dan Loteng
 
Sebelum menyerahkan unit tangki air bersih ke HBK Peduli Kab. Lombok Tengah, H. Bambang Kristiono, SE (HBK), berkesempatan mampir dan meninjau langsung sumur bor bantuan Kemenhan RI di Desa Tanak Awu, Kec. Pujud, Kab. Lombok Tengah.

Dalam kesempatan tsb, HBK berharap kepada semua penerima manfaat sumur bor untuk merawatnya secara bergotong- royong.

Sebelumnya, HBK telah menyerahkan tambahan satu unit armada mobil tangki air bersih baru kepada pengurus HBK Peduli Kab. Lombok Timur.
 
Hadir dalam kegiatan serah-terima mobil-mobil tangki air HBK Peduli di Kab. Lombok Timur dan Kab. Lombok Tengah tersebut, seluruh anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten/Provinsi, perwakilan tokoh masyarakat, para pemuda, serta puluhan anggota relawan HBK Peduli.
 
Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini mengatakan bahwa tambahan dua unit mobil tangki air bersih tersebut, merupakan hasil perjuangannya di gedung parlemen Senayan, melalui program CSR dari BUMN-BUMN.
 
HBK pun memastikan, bahwa dengan adanya tambahan dua unit mobil tangki air bersih ini, maka program bantuan air bersih gratis HBK Peduli bagi masyarakat yang ada di wilayah-wilayah Kab. Lombok Timur dan Kab. Lombok Tengah, secara kualitas dapat terus ditingkatkan.

“Alhamdulillah, armada tangki air bersih milik Yayasan HBK PEDULI kini telah bertambah lagi. Dan dengan bertambahnya unit mobil tangki air bersih ini, maka sudah barang tentu akan menambah kekuatan dan daya jelajah dari armada tangki air yang sudah beroperasi selama ini,” pungkas HBK.