LOMBOKita – Zaitun merupakan tumbuhan yang banyak hidup dan tumbuh di kawasan Mediterania. Dilansir dari Wikipedia, kawasan Mediterania sendiri adalah kawasan yang bergunung-gunung. Di kawasan ini pula terdapat beberapa pegunungan, seperti pegunungan Taurus yang membentang dari barat ke timur dan pegunungan Amonos yang terletak di sisi timur kawasan, yang membentang dari utara ke selatan.

Pegunungan-pegunungan tersebut membentang secara paralel ke laut. Berdan, Seyhan, dan Ceyhan mengalir di kawasan ini. Ada juga danau di kawasan ini, seperti danau Beyşehir, Eğridir, dan Burdur.

Mungkin sebagian besar dari kita lebih mengenal manfaat zaitun ketika telah menjadi minyak. Namun, ternyata Kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari buah zaitun dengan cara mengonsumsinya secara langsung. Ada beberapa manfaat dari mengonsumsi buah zaitun, sebagaimana dilansir dari magforwomen.co via guesehat.com.

1. Mengurangi risiko diabetes

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah zaitun akan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

2. Mencegah berbagai jenis kanker

Buah zaitun mengandung zat antioksidan dan karotenoid, yang disebut dengan lutein. Lutein membantu menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kanker. Buah zaitun ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker lambung.

3. Menyehatkan pencernaan

Buah zaitun memiliki beberapa manfaat untuk menyehatkan pencernaan. Buah ini mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas penyebab masalah pencernaan.

4. Mencegah penyakit jantung

Buah zaitun baik untuk kesehatan jantung, sebab mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

5. Mencegah asma

Vitamin C yang terkandung di dalam buah zaitun mampu membantu Kamu terhindar dari asma.

6. Membantu mengobati anemia

Tingginya jumlah zat besi yang ada di dalam buah zaitun akan meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh kita. Selain itu, buah zaitun akan mengikat oksigen di dalam darah, sehingga membuat Kamu lebih sehat.

Selain dimakan secara langsung, zaitun juga dikenal memberikan begitu banyak manfaat ketika sudah diolah menjadi minyak. Manfaat dari minyak zaitun memang terkenal sejak lama. Biasanya, zaitun digunakan untuk bahan kecantikan. Bahkan sejak 400 tahun SM, zaitun telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional.

Vitamin yang terkandung dalam minyak buah zaitun salah satunya adalah vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kanker, penyakit jantung, dan menguatkan daya tahan tubuh. Selain vitamin E, zaitun juga kaya akan vitamin K dan sedikit zat besi.

Baca juga:

Sebagai salah satu tumbuhan yang digunakan untuk bahan kecantikan, secara umum minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kulit wajah dan tubuh. Untuk kulit tubuh, minyak zaitun dapat mengatasi kulit kering dan membuatnys terlihat lebih lembap.

Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik oleh kulit. Minyak zaitun biasanya tidak menyebabkan alergi, akan tetapi disarankan untuk tidak dioleskan ke kulit yang berjerawat. Menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.

Zat antioksidan dan antiinflamasi yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih berseri. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat menghilangkan radikal bebas dan mengurangi peradangan, sehingga mengurangi kerutan dan meningkatkan kekencangan kulit.

Minyak zaitun pun dapat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa make up di wajah. Beberapa produk minyak pembersih yang beredar saat ini juga banyak yang terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa pula diaplikasikan sebagai masker atau facial. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. Bisa juga mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel, 1 sendok teh minyak zaitun, dan 1 sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah, dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah hingga kering menggunakan handuk yang bersih.

Minyak zaitun memang alami. Namun apabila setelah dioleskan terdapat tanda-tanda alergi, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut secara tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.