Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. [Tangkapan layar TD7 VIVO via Indian Express/suara.com]

LOMBOKita – Pembukaan Piala Dunia 2022 berlangsung megah dan menarik. Di antara kemegahan tersebut terdapat lantunan ayat suci Al Quran yang bergema saat pembukaan yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11/2022).

Morgan Freeman menjadi narator untuk acara pembukaan bersama Ghanim Muftah yang menceritakan tentang kemanusian dan persatuan. Ghanim lantas melantunkan potongan ayat suci Al Quran, Surat Al-Hujurat ayat ke-13 yang ini artinya.

Opening Piala Dunia 2022 berlangsung meriah dengan Lagu-lagu opening ceremony sejak Piala Dunia 2010 sampai 2022 digaungkan dengan tari-tarian.

Permainan lighting pun jadi membuat suasana jadi semarak. Selamat datang, Piala Dunia 2022!

Lantunan lagu ala Timur Tengah mewarnai perhelatan olahraga bergengsi tersebut, sementara ayat suci Al Quran juga dikumandangkannya dengan indah.

‘Y ayyuhan-nsu inn khalaqnkum min akariw wa un wa ja’alnkum syu’baw wa qab`ila lita’raf’

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal,” ujarnya mengartikan ayat tersebut.

Penari tampil saat upacara pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al-Bayt di Al Khor, Doha, Qatar, Minggu (20/11/2022). [Kirill KUDRYAVTSEV / AFP]

Setelah atraksi tarian pembuka yang melibatkan pasir gurun yang berputar-putar, pedang dan bintang pop abad ke-21, yang semuanya berlangsung di sebuah stadion yang ditata bak tenda suku Badui.

Pemimpin Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani meresmikan mulainya Piala Dunia 2022 dengan menyeru agar turnamen ini menjadi forum untuk “komunikasi beradab”, usai beberapa waktu terakhir penuh kontroversi.

Orang-orang dari berbagai ras, bangsa, keyakinan dan orientasi berkumpul di sini di Qatar dan mengitari layar-layar di semua benua untuk berbagi momen menarik ini,” kata dia kepada 60.000 penonton seperti dikutip AFP.

Disaksikan Presiden FIFA Gianni Infantino dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, dia menambahkan: “Insyaallah kami akan mengikuti dunia, festival sepak bola besar di ruang terbuka ini untuk komunikasi yang manusiawi nan beradab.”