Pengembangan ekowisata merupakan salah satu program yang digaungkan oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Desa Pringgasela Selatan Periode Juni – Agustus 2022. Program ini diawali dengan menyelenggarakan sosialisasi pengolahan sampah yang dihadiri oleh perwakilan setiap kewilayahan atau dusun di Desa pringgasela Selata.

Acara sosialisasi ini dilaksanakan saat awal para mahasiswa berprogram di desa yakni pada hari Kamis tanggal 30 Juni. Pemateri dalam acara sosialisasi ini didatangkan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Peserta sosialisasi sangat antusias dengan pembahasan dibuktikan dengan banyaknya respon dari peserta di sesi diskusi. Acara ini diselenggarakan dari pukul 9 pagi sampai siang yang ditutup dengan pembagian bibit pohon kepada peserta sosialisasi.

Bibit-bibit yang disediakan oleh mahasiswa KKN Unram terdiri dari bibit buah durian, rambutan, ceruring, nangka, alpukat, serta bibit tanaman herbisida dan bibit pohon caplang atau kayu putih. Peserta sosialisasi sangat antusias dengan pembahasan dibuktikan dengan banyaknya respon dari peserta di sesi diskusi.

Tidak hanya sekedar teori dalam sosialisasi, mahasiswa KKNT Unram Desa Pringgasela Selatan juga mewujudkan dalam aksi yakni gotong royong sekaligus Jum’at bersih bersama para remaja yang ada di daerah wisata Pemandian Pancor Kopong di Desa Pringgasela Selatan. Gotong royong ini dilaksanakan pada pagi hari Jum’at tanggal 29 Juli 2022.

Pembersihan daerah wisata ini ditujukan dalam rangka menyongsong pengembangan ekowisata di Desa Pringgasela Selatan khususnya di Wisata Alam pancor Kopong. Mempertahankan kealamian dan membersihkan tempat wisata dari sampah adalah salah satu cara awal untuk mengembangkan dan memperkenalkan wisata kepada khalayak ramai agar wisatawan tertarik untuk mengunjungi wisata ini.