Mantan Kabag Adpem Setdakab Lotim jadi Tersangka Korupsi

639
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita -Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Pasar Sambelia dengan inisial LM yang juga mantan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (Adpem) Setdakab Lotim dan kini menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Lotim ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan pasar Sambelia tahun 2015.

Kejaksaan Negeri Lombok Timur menetapkan PPK,LM bersama dengan Kontraktor Proyek Pasar Sambelia dengan inisial A.‎‎ Setelah kasusnya dinaikkan dari penyidikan umum ke penyidikan khusus dan cukup alat bukti untuk menetapkan kedua orang tersebut menjadi tersangka.

Demikian ditegaskan Kepala Kejari Lotim,Iwan Setiawan Wahyudi kepada wartawan di kantornya,Jumat kemarin.

 ” Memang betul dua orang telah kami tetapkan sebagai tersangka yakni PPK dan Kontraktor Proyek Pasar Sambelia,” tegasnya.

Ia menegaskan pihaknya menetapkan tersangka kasus proyek pasar Sambelia dua hari yang lalu. Sedangkan pihaknya belum melakukan pemeriksaan terhadap kedua orang tersebut semenjak ditetapkan tersangka.

Loading...

” Harusnya harus dilakukan pemeriksaan setelah ditetapkan tersangka dan akan segera kami lakukan pemanggilan dan pemeriksaan,” ujarnya.

Lebih jauh Kajari menandaskan pihaknya menetapkan tersangka karena dianggap sudah memiliki cukup bukti, saksi-saksi  dan memiliki unsur-unsur. 

Begitu pihaknya juga sudah menemukan adanya kerugian Negara dalam proyek tersebut dengan nilai kerugian 20 persen dari nilai proyek yang ada.Dengan mencapai milyaran rupiah.

” Kami menggandeng ahli tehnis bangunan dalam masalah ini dan perhitungan kerugian negara sedang menunggu hasil audit BPKP sedang berjalan,” tandas Wahyudi

Sementara saat ditanya mengenai penetapan tersangka apakah langsung dilakukan penahanan,Kajari Lotim mengaku belum berpikir kearah sana,melainkan masih melihat perkembangan dan menunggu keluar hasil audit dari BPKP.

” Belum kita lakukan penahanan karena masih menunggu hasil audit BPKP,” tukasnya.

Ditempat terpisah Wakil Bupati Lotim, H.Rumaksi SJ menegaskan pihaknya tetap mendukung langkah aparat penegak hukum untuk memproses apabila ada pejabat Lotim yang terlibat kasus korupsi. Dengan tidak akan melakukan intervensi terhadap proses yang sedang jalan.

Akan tapi tentunya tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah, karena belum ada keputusan ingkrah. ” Silahkan saja APH proses kalau ada pejabat Lotim terlibat kasus korupsi, dengan tetap kedepankan azas praduga tak bersalah,” tegas Wabup Lotim.

Sementara mantan PPK Proyek Pasar Sambelia,LM saat akan dikonfirmasi para awak media di kantor Kejaksaan Lotim saat mengikuti kegiatan sepeda santai dalam rangka peringatan hari anti korupsi langsung meninggalkan tempat kegiatan setelah sampai finish.

” Kok PPK kasus proyek pasar Sambelia pergi,padahal kami mau konfirmasi mengenai kasus yang menimpanya,” ujar sejumlah awak media di Lotim.‎

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.