Operasi Yustisi Dibarengi Tilang Dianggap Rugikan Masyarakat

192
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita : Kegiatan operasi yustisi penerapan Perda No 07 tahun 2020 di wilayah kabupaten Lombok Timur menuai kritikan dari Direktur Lens@ H Hafsan Hirwan. Sebab, operasi yustisi itu dianggap didomplengi kegiatan razia dan penindakan oleh Dinas Perhubungan dan Satlantas.

“Itu kan operasi yustisi, kenapa justru dibarengi dengan penindakan pelanggaran lalulintas?,” kata Hafsan Hirwan dengan nada tanya.

Hafsan menilai, operasi yustisi yang digelar tersebut sangat merugikan masyarakat.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

“Ini namanya satu kerja dua laba,” sesal Hafsan.

Dikatakannya, kegiatan operasi yustisi untuk penegakan Perda no 07 tahun 2020 dengan sasaran pengunaan masker, bukan justru dimanfaatkan oleh Dishub dan Sat Lantas untuk melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.

“Mestinya harus dipisahkan. Kalau mau mengadakan operasi penegakan kendaraan bermotor di jalan raya, harus dipisahkan, tidak dilakukan bersamaan dengan operasi yustisi,” katanya.

Loading...

Kalau operasi dilakukan bersamaan, kata Hafsan, masyarakat dirugikan. Sebab, selain dibebankan membayar tilang oleh Sat Lantas, masyarakat juga dibebankan dengan bayar denda karena tidak menggunakan masker atau denda sosial.

“Kalau seperti ini namanya pemerasan terhadap masyarakat, dan perlu menjadi perhatian dan bahan evaluasi tim yang melaksanakan operasi,” tegas Hafsan.

Kasubag Humas Polres Lotim, Iptu Jaharudin yang diminta konfirmasi terkait hal itu menjelaskan, operasi yustisi dilaksanakan bersama tim yang terdiri dari aparat TNI, Polri, Dishub, Satpol PP dan Bapenda.

“Kalau ada yang melanggar dan tidak menggunakan helm saat operasi yustisi, tentunya dilakukan penindakan tegas, masak harus dibiarkan,” katanya.

Terhadap adanya keluhan masyarakat, menurut Jaharuddin, akan di sampaikan ke pimpinan.

Hal senada diungkapkan Kadis Perhubungan Lombok Timur, kegiatan operasi yustisi dilakukan bersama TNI, Polri, Pol PP dan Dishub.

“Memang dalam kegiatan operasi yustisi ini, selain melakukan penindakan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker, juga dilakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas di jalan raya.

“Untuk penindakan terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker leading sektornya di Satpol PP, sedangkan tidak menggunakan helm maupun kelengkapan di jalan raya berada di satuan lalu lintas,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.