Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Darmawan / foto: Bukhori

LOMBOKita – Pendaftaran daftar bakal calon legislatif (Caleg) dari Partai Gerindra di Kabupaten Lombok Tengah hingga saat ini masih tanpa status. Hal tersebut ditengarai akibat belum adanya persetujuan dari pihak Dewan Pengurus Pusat (DPP).

“Partai Gerindra belum ada status apakah diterima atau tidak, karena Sistem Informasi Pencalonan (Silon) belum disubmit untuk KPU,” kata Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Darmawan di kantornya, Sabtu (13/5/2023) sore.

Diketahui, rombongan pengurus Partai Gerindra mendatangi Kantor KPU Lombok Tengah sekitar pukul 13.00 Wita atau bakda zuhur untuk melakukan pendaftaran. Namun, saat penerimaan berkas penerimaan bakal calon legislatif, para pengurus partai yang telah baik panggung hanya saling tatap karena tim Lo ternyata tidak membawa berkas pendaftaran yang dibutuhkan.

“Silakan pengurus mengambil berkasnya terlebih dahulu baru kita adakan serah terima berkas pendaftaran,” kata Lalu Darmawan.

Sambil menunggu berkas pendaftaran datang, para pengurus partai pemenang di daerah Tatas Tuhu Trasna (Tastura) yang berada di kursi yang telah disediakan, terpaksa disuruh menunggu di tempat transit karena akan menerima berkas pendaftaran Partai Golkar yang juga telah bersiap menyerahkan berkas pendaftaran.

Pantauan Lombokita.com di lokasi pendaftaran bakal calon legislatif di halaman Kantor KPU Lombok Tengah, nampak beberapa rombongan partai politik berdatangan mengantarkan berkas pendaftaran, seperti Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Kebangkitan Nusantara.

Partai Politik terakhir yang melakukan pendaftaran hari ini di KPU Kabupaten Lombok Tengah, yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dinyatakan lengkap dan pendaftaran diterima.

Hingga pukul 17.35 Wita, berkas pendaftaran partai pemenang Pilkada Lombok Tengah tahun 2019 tersebut masih tanpa status.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Lombok Tengah Muhallip yang dikonfirmasi melalui sambungan selulernya mengungkapkan, pendaftaran bakal calon anggota legislatif dari partai besutan Prabowo Subianto itu tinggal selangkah lagi lengkap.

“Tidak hanya di Lombok Tengah, tetapi seluruh DPC se-NTB termasuk DPW masih menunggu persetujuan (submit) dari DPP,” tandas Muhallip.

“Bukan berarti pendaftaran ditolak, tapi kami masih menunggu persetujuan dari DPP,” imbuh Muhallip.