Polisi Diminta Investigasi Penyebab Banjir Lombok Timur

919
kali tampilan.
Kondisi warga Orong Bukal Kecamatan Jerowaru pascabanjir bandang / foto: Ist
Loading...

LOMBOKita – Musibah banjir bandang Lombok Timur yang melanda 11 desa di tiga kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang diduga imbas gagapnya petugas penjaga pintu air di Dam Pandan Duri.

“Kita tak menuding siapa yang salah, apakah musibah ini murni bencana atau ada unsur keteledoran pihak penjaga pintu air,” ungkap Direktur Lembaga Transparansi Kebijakan (Lensa) Lombok Timur, H Hafsan Hirwan di Selong, Minggu (19/11/2017).

Hafsan Hirwan meminta aparat kepolisian melakukan investigasi terkait masalah ini agar musibah serupa tak terulang lagi.

“Apakah pintu air yang dibuka benar atau tidak. Ini yang jadi pertanyaan, karena kalau masalah hujan, hujan deras kerap terjadi, tapi tak menimbulkan bencana seperti saat ini,” ucapnya.

Kalau membuka pintu air dengan benar, kata Hafsan, maka bencana ini tak kan terjadi. ” Kalau pintu air utama yang dibuka dengan benar, maka bencana banjir tidak akan terjadi,” jelasnya. Karena aliran pintu utama menuju sungai atau jaringan tersier di wilayah hilir.

Loading...

Hafsan mengatakan, alasannya meminta aparat kepolisian melakukan investigasi penyebab banjir yang ditengarai kelalaian petugas juru kunci air di Dam Pandan Duri, karena untuk membuka dan menutup pintu air tentu ada SOP-nya.

“Jangankan ini pintu air sekelas Dam Pandan Dure, pintu air pada bendungan, embung pun sudah jelas SOP,” tegas Hafsan.

Hafsan menilai, kalau membuka pintu ke arah tersier sepertinya tak mungkin. Karena jaringan tersier langsung ke petak sawah. Dan air pun pasti terlebih dahulu akan melalui jaringan primer dan sekunder.

“Lagi sekali bukan salah membuka, tapi kenapa justeru pintu air yang lain yang dibuka,” jelasnya.

Kalaupun pintu air yang menuju jaringan tersier akan dibuka, menurut Hafsan, berapa tinggi pintu yang dibuka dan ditutup, sehingga berasumsi atau menduga ada kemungkinan pintu air itu dibuka terlalu lebar sehingga debit air yang keluar besar dan dibarengi kecepatan luar biasa.

“Bisa kita bayangkan air besar dan ngalirnya cepat dan deras, akibatnya ya banjir itu,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.