LOMBOKita – Jerman akan memulai laga perdana di Piala Dunia 2022 dengan menjamu Jepang. Kedua tim ini bakal saling adu sikut untuk membuktikan siapa yang bakal menjadi raja di grup neraka.

Jerman dan Jepang tergabung dalam Grup E Piala Dunia 2022 bersama Spanyol serta Kroasia.

Banyak yang menyebut jika Grup E Piala Dunia 2022 ini menjadi grup neraka. Pertandingan yang mempertemukan Jerman dan Jepang ini akan digelar di Khalifa International Stadium pada Rabu (23/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Dilihat dari statistik, skuad berjuluk Der Panzer ini sedikit lebih unggul dibandingkan dengan negara yang berasal dari kawasan Asia tersebut.

Namun, Jepang ingin menciptakan kejutan kepada skuad asuhan Hansi Flick. Skuad Samurai Biru datang ke Qatar dengan tekad kuat dan bisa melangkah lebih jauh serta menciptakan sejarah.

Bicara rekor, Jerman mencatatkan hasil positif tanpa kekalahan dalam dua kali pertemuan atas Jepang. Namun, perlu diketahui bahwa pertemuan tersebut bukan ajang turnamen, melainkan uji coba.

Pertama, pada 2004, Jerman menang 3-0 di Stadion Nissan, Yokohama. Gol-gol tim asuhan Jurgen Klinsmann saat itu dicetak Miroslav Klose (2 gol) dan Michael Ballack.

Dua tahun kemudian di laga pemanasan jelang Piala Dunia 2006, kedua tim bertemu lagi di Stadion BayArena, Leverkusen.

Jepang sempat unggul kala itu dengan skor 2-0. Tetapi di akhir laga, skuad Samurai Biru gagal menang karena Klose dan Bastian Schweinsteiger berhasil mencetak gol yang membuat skor menjadi 2-2.

Kondisi Skuad

Jerman memiliki skuad yang cukup mumpuni. Antara pemain inti dan cadangan memiliki kualitas yang sama.

Nama seperti Manuel Neuer hingga Thomas Muller masih menghiasi skuad Jerman. Merkea menjadi pemain veteran di di dalam skuad Der panzer.

Namun tentunya pelatih Hansi Flick akan memadukan dengan pemain muda mereka seperti Jamal Musiala, Karim Adeyemi dan Youssoufa Moukoko.

Sedangkan di kubu Samurai Biru, terdapat beberapa pemain yang sudah mencicipi Liga Eropa seperti Yuto Nagatomo dan Daichi Kamada.

Kedua pemain ini bakal berbagi pengalaman dengan para rekannya bagaimana cara mengalahkan tim Eropa khususnya Jerman.

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Thilo Kehler, Niklas Sule, Antonio Rudiger, David Raum; Leon Goretzka, Joshua Kimmich , Jamal Musiala, Leroy Sane, Segne Gnabry; Kai Havertz

Pelatih : Hansi Flick (Jerman)
Timnas Jepang (4-2-3-1) : Shuichi Gonda, Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Sakai; Gaku Shibasaki, Hidemasa Morita; Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Junya Ito; Takumi Minamino.

Pelatih: Hajime Moriyasu (Jepang)

5 Pertandingan Terakhir Timnas Jerman

Oman 0-1 Jerman

Inggris 3-3 Jerman

Jerman 0-1 Hungaria

Jerman 5-2 Italia

Hungaria 1-1 Jerman

5 Pertandingan Terakhir Timnas Jepang

Jepang 1-2 Kanada

Jepang 0-0 Ekuador

Jepang 2-0 Amerika Serikat

Jepang 3-0 Korea Selatan

Jepang 0-0 Cina