LOTIM LOMBOKita – Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy membuka kegiatan Rinjani Travel Mart (RTM) ke 4 di Sembalun Lotim, Selasa (22/11).

Dalam sambutannya Bupati mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan RTM tersebut, termasuk pemilihan Sembalun sebagai lokasi pelaksanaan pertama setelah masa pandemi.

Bupati juga mengapresiasi antusiasme kehadiran peserta penjual maupun pembeli yang berasal dari berbagai wilayah nusantara bahkan luar negeri di kawasan Asia.

RTM ke empat  tersebut dihadiri tak kurang dari 35 seller dan lebih dari 85 buyers dari dalam maupun luar negeri kawasan Asia.

Bupati Sukiman Azmy juga menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara kegiatan yaitu DPD ASITA NTB serta dukungan dari berbagai pihak, khususnya di sektor pariwisata.

Saat memperkenalkan Lombok Timur dan Rinjani, Sukiman menantang para pembeli untuk menjelajahi Lombok Timur yang kaya dengan potensi, baik keindahan alam dari laut hingga pegunungan, termasuk Rinjani dengan tujuh puncaknya, juga adat dan budaya.

Diharapkan kegiatan ini dapat memperkenalkan 99 desa wisata serta desa-desa lainnya. Dengan begitu pariwisata sekaligus perekonomian masyarakat akan menggeliat beriringan dengan tumbuh dan majunya UMKM.

Ketua DPD ASITA NTB Dewantoro Umbu Djoka menegaskan kegiatan ini diharapkan dapat menarik transaksi lebih dibandingkan penyelenggaraan sebelum pandemi lalu,

” dipilihnya Sembalun sebagai salah satu lokasi pelaksanaan RTM ke 4, karena Sembalun dinilai memiliki daya tarik tersendiri, dan kedepanpun Sembalun diproyeksikan sebagai salah satu destinasi penting NTB dengan tingkat kunjungan tinggi RTM,” ucapnya
dan tidak melulu tentang transaksi pada saat kegiatan, melainkan bersifat jangka panjang.

Pertemuan seller dan buter secara luring seperti ini relatif lebih banyak mendatangkan wisatawan karena bentuknya adalah grup.