Keterangan FOTO : sejumlah siswa SMKN 1 Sikur yang akan mengikuti magang di Malasyia, diberikan pengarahan

LOTIM LOMBOKita – sebanyak 25 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sikur yang akan melaksanakan kegiatan magang selama enam bulan, di hotel-hotel di Malaysia, mereka bakal mendapatkam honor magang dan sertifikasi “American Hospitality Academy (AHA)”.

Kepala SMKN 1 Sikur, Hasbi Ahmad, M. Pd, mengaku bersyukur atas hadirnya program magang ke luar negeri bekerjasama dengan World Skill Academy asal Malaysia. Ini menunjukkan bahwa lulusan-lulusan SMK merupakan anak-anak produktif yang siap diserap dunia usaha dan dunia industri (DU-DI).

Dalam program magang inipun, menurutnya, selama siswa SMKN 1 Sikur berada di Malaysia akan mendapat tunjangan dari hotel-hotel tempat mereka magang serta mendapat sertifikasi “American Hospitality Academy (AHA)”.

“Selain siswa magang, mengamalkan dan menimba ilmunya. Mereka juga mendapat honor diantara Rp2,5 juta hingga, Rp5 jutaan,”ungkap Hasbi, Minggu (22/1) kemarin.

Untuk itu, ia berharap kepada para siswa yang dikirim agar pandai-pandai mengatur waktu selama berada di Malaysia. Misalnya jika dihitung waktu normal selama enam bulan, para siswa yang magang ini dapat membawa pulang sekitar Rp30 juta lebih.

Selain itu, lanjut Hasbi, sejumlah guru di SMKN 1 Sikur sudah mengikuti tes dan persyaratan lainnya yang nantinya mendampingi siswa di Malaysia. Guru-guru itu bahkan sudah mengantongi sertifikasi “American Hospitality Academy (AHA)”.

“Begitupun dengan siswa SMKN 1 Sikur yang magang ini akan menerima sertifikasi “American Hospitality Academy yg langsung di keluarkan dari Amerika (AHA)”, jelasnya.

Pimpinan Perusahaan, World Skill Academy, Datuk Seri Rizal dan Mr. Kumar, mengungkapkan selama siswa SMKN 1 Sikur mengikuti proses magang di hotel-hotel ternama di Malaysia akan difasilitas tempat tinggal, mendapat tunjangan magang mulai dari 600 ringgit sampai 800 ringgit sebulan. Belum lagi ketika siswa mau melakukan kegiatan magang lembur akan mendapat tunjangan lebih.

Sementara siswa magang akan mendapat sejumlah sertifikat, mulai dari sertifikat hotel tempatnya magang, sertifikat World Skill Academy dan Sertifikat American Hospitality Academy (AHA).

Adanya sertifikat internasional ini menjadi peluang bagi para siswa SMKN 1 Sikur untuk diterima bekerja di hotel-hotel ataupun di dunia usaha dan industri tanah air bahkan luar negeri. Terlebih, perusahaan World Skill Academy sudah membangun kerjasama dengan 56 hotel ternama di Malaysia.

“Selain memiliki sertifikat internasional, siswa juga dilengkapi dengan skill kerja di hotel-hotel besar bintang empat ke atas di Malaysia,” jelasnya, sehingga hal ini menjadi peluang bagi siswa SMKN 1 Sikur diterima di dunia pasar kerja setelah lulus nanti.