LOMBOKita – Tas awalnya digunakan untuk memudahkan saat membawa barang kala bepergian. Namun dewasa ini, tas juga sudah menjadi salah satu fashion item untuk membuat penampilan lebih percaya diri. Jenisnya juga semakin beragam, mulai dari tas punggung (backpack), sling bag, waist bag, shoulder bag, tas kamera, tas laptop, dan lain sebagainya.
 
Dari banyaknya jenis tas yang disebutkan, ransel jadi salah satu favorit. Baik itu tas ransel wanita atau pria. Pasalnya, jenis tas ini memiliki berbagai ukuran dan sangat nyaman saat dibawa-bawa serta lebih stabil.
 
Dalam hal perawatan, tas ransel juga tidak membutuhkan perlakukan rumit yang membutuhkan banyak waktu. Meski begitu, tetap harus dirawat supaya bisa awet dan kondisinya tetap prima. Simak di sini, berbagai tips yang bisa dilakukan untuk merawat tas ransel.
 
Jangan Memuat Terlalu Banyak Barang
Setiap tas memiliki daya tampung masing-masing, jangan sampai terlalu banyak memuat barang. Apalagi barang yang dibawa memiliki ukuran besar dengan berat yang lumayan. Sehari dua hari mungkin tidak akan terjadi masalah. Namun jika hal tersebut dilakukan sering dalam jangka waktu lama, bisa membuat tas jebol.
 
Jika sekiranya perlu membawa banyak barang, ada baiknya untuk menambah jumlah tas. Jadi, beban bisa dibagi dan tidak membuat ransel overload. Selain itu, jika memang dari awalnya digunakan untuk membawa banyak barang, usahakan memilih bahan tas yang berkualitas dan awet.
 
Kosongkan Isi Usai Digunakan
Setelah sampai di rumah, jangan malas untuk mengosongkan isi tas ransel. Keluarkan berbagai barang di dalamnya. Mulai dari kantong-kantong kecil sampai dengan kompartemen yang besar. Jangan sampai ada sampah yang tertinggal. Apalagi jika sampah basah yang membuat tas jadi lembab.
 
Selain itu, jika kotor karena coretan pulpen atau hal lainnya, segera bersihkan dan jangan menunggu kering. Jika noda terlanjur kering, akan lebih sulit dibersihkan dan membuat tampilannya jadi kurang menarik.
 
Masukkan Silica Gel
Usai mengeluarkan bagian isinya, masukkan silica gel ke dalamnya. Bagi yang belum terlalu familiar, silica gel merupakan silikon dioksida yang memiliki peran besar dalam penyerap uap air. Sehingga mencegah kerusakan tas yang diakibatkan oleh kelembaban udara. Penting sekali bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang lembab.
 
Cara mendapatkan silica gel ini juga sangat gampang, bisa dibeli secara online. Harganya juga sangat terjangkau, jadi tidak akan membuat pengeluaran jadi bengkak. Masukkan silica gel ini ke dalam kantong-kantong tas.
 
Isi Tas dengan Koran atau Bantalan 
Supaya bentuk asli dari tas tetap terjaga dengan baik, jangan ragu untuk memasukkan koran yang diremas-remas atau bantalan ke dalamnya. Ini merupakan cara yang banyak dilakukan oleh para penjual tas dan memang mudah untuk ditiru. Selain itu, hindari menyimpan tas ditumpuk-tumpuk karena bisa terkena gesekan antara satu dengan lainnya.
 
Simpan di Tempat Kering
Selain memasukkan remasan koran dan silica gel, hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan tas dari kelembaban adalah pastikan disimpan di tempat yang kering. Jika disimpan dalam jangka waktu lama, angin-anginkan sebentar dan simpan lagi. Hal tersebut dilakukan untuk mengeringkan tas jika lembab atau basah.
 
Jangan salah, kelembaban benar-benar membuat tas gampang rusak. Mulai dari membuat benang jadi rapuh, bahan kain sintetis atau asli terkelupas, bahkan juga berjamur. Maka dari itulah, jika memungkinkan simpanlah tas di dalam tempat yang sesuai atau dimasukkan dalam plastik.
 
Cuci Tas Rutin Sebulan Sekali
Supaya noda yang terdapat di tas bisa dibersihkan dengan baik dan tidak membandel, lakukan pembersihan secara rutin. Misalnya saja satu kali dalam sebulan atau juga bisa dua bulan sekali. Jika nodanya ringan saja, bersihkan dengan air mengalir. Namun jika membandel, bisa dengan deterjen.
 
Penggunaan deterjen disarankan untuk noda membandel saja. Pasalnya, tas ransel yang terlalu banyak terpapar deterjen bisa membuat warnanya jadi berubah atau pudar. 
 
Gunakan Rain Cover saat Hujan
Air hujan juga memiliki dampak yang buruk untuk berbagai benda, termasuk tas. Kandungan asam di dalam air hujan bisa merusak bahan tas. Maka dari itulah, saat akan turun hujan, ada baiknya untuk memasang rain cover. Jika terpaksa terkena hujan, sebaiknya cuci dengan air mengalir saja, tanpa diberi deterjen.
 
Segera Keringkan Saat Basah
Tips yang terakhir, segera keringkan jika tas basah. Jangan langsung di bawah terik matahari. Letakkan di tempat yang kering dan terbuka. Jadi bisa dibilang ini hanya diangin-anginkan saja sampai kering. Jangan sampai menyimpan tas dalam kondisi masih basah atau lembab. Sekali lagi, jamur akan merusak kondisi tas. 
 
Lakukan berbagai tips di atas supaya tas ransel yang dimiliki bisa awet dan kondisi terus menerus seperti baru beli. Sementara jika ingin menambah koleksi tas lainnya, bisa order di Blibli saja. Berbagai merek ada, jenis pun juga sangat bervariasi. Harganya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.
 
Jika ingin beli tas di Blibli dengan harga lebih terjangkau, Anda bisa memanfaatkan berbagai program promo yang ditawarkan. Mulai dari voucher diskon, potongan harga tertentu, flash sale, cashback, gratis ongkos kirim, dan masih banyak lagi lainnya. Mari coba berbelanja di Blibli dan nikmati deretan kemudahan yang ditawarkan. /*