LOMBOKita – Contoh wakaf uang menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan oleh masyarakat. Hal tersebut karena secara khusus wakaf merupakan ibadah yang tergolong sebagai salah satu amal jariyah. Pada dasarnya hukum wakaf sunnah. Karena itu, banyak yang memilih menjalankannya.

Bukan tanpa alasan, wakaf termasuk amalan yang tidak akan pernah terputus meski seseorang telah meninggal dunia

Menariknya, praktik wakaf saat ini tidak hanya berlaku pada bangunan atau wakaf tanah saja. Namun, wakaf dalam bentuk uang pun sudah mulai banyak dilakukan oleh umat Islam. Meski masih ada perbedaan pendapat terkait keabsahannya, tetapi sejumlah ulama sudah menetapkan bolehnya uang dijadikan sebagai wakaf.

Hal paling terpenting adalah proses penyerahan wakaf tersebut tetap mengacu pada ketentuan Islam. Selain itu, pemanfaatannya pun harus dipastikan bahwa uang yang diwakafkan benar-benar digunakan hanya pada hal-hal yang disahkan oleh agama.

Rukun Wakaf Uang
Sebelum mengetahui seperti apa contoh wakaf uang, maka perlu dipahami hal-hal yang menjadi syarat dan rukun pada praktik wakaf uang. Berdasarkan UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, disebutkan bahwa ada sejumlah syarat yang wajib dipenuhi agar wakaf bisa terlaksana. Mulai dari adanya orang yang berwakaf (wakif) dan orang yang bertanggungjawab mengelola harta wakaf (nazhir).

Selanjutnya, harta benda yang diwakafkan dalam hal ini berupa uang. Kemudian, ikrar wakaf, peruntukan dari wakaf uang, hingga jangka waktu wakaf. Semua hal tersebut harus dibicarakan sejak awal. Hal itu sebagai antisipasi manakala terjadi perselisihan di kemudian hari. Dalam hal ini, khususnya pada ahli waris yang belum mengetahui harta yang diwakafkan oleh orang tuanya.

Tata Cara Wakaf Uang
Saat ini, berwakaf menjadi suatu hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Hal tersebut karena tidak lagi harus memiliki bangunan atau tanah terlebih dahulu. Bahkan kini wakaf sudah bisa dimulai dari Rp10.000 saja.

Bagi Anda yang tertarik untuk wakaf uang, maka bisa langsung menghubungi Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKSPWU).

Menariknya, jika tidak ingin merasa repot mendatangi tempatnya langsung, maka Anda bisa melakukan prosesnya secara online. Anda cukup mengakses laman wakafuang.bwi.go.id sehingga uang yang diwakafkan dapat disalurkan dengan cara transfer. Jika Anda memiliki pertanyaan, maka Anda bisa menghubungi langsung Badan Wakaf Indonesia melalui website bwi.go.id.

Contoh Pemanfaatan Wakaf Uang
Setelah mengetahui rukun dan tata cara wakaf uang, mungkin timbul pertanyaan terkait pemanfaatannya. Pada dasarnya, sama seperti wakaf pada umumnya, wakaf uang pun diperuntukkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Baik itu yang berhubungan dengan kepentingan umat Islam maupun masyarakat pada umumnya.

Hal terpenting yang perlu diingat adalah uang dari wakaf tersebut tidak digunakan pada hal yang sudah jelas dilarang dalam Islam. Satu hal menarik dari wakaf uang adalah pemanfaatannya bisa jauh lebih luas. Dalam hal ini, jika pada wakaf bangunan kemungkinan hanya dapat dirasakan oleh sekelompok orang. Lain halnya dengan wakaf uang yang bisa digunakan untuk memenuhi berbagai hal.

Uang yang diwakafkan bisa disalurkan untuk memenuhi sejumlah keperluan. Misalnya, untuk kepentingan layanan kesehatan, layanan sosial, dimanfaatkan untuk perbaikan fasilitas umum, hingga pembangunan masjid maupun panti asuhan. Pada intinya, wakaf uang bisa menjangkau lebih banyak hal sehingga penerima manfaatnya pun lebih banyak pula.

Selain melalui Badan Wakaf Indonesia, Anda juga bisa melakukan wakaf uang melalui Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang, di bawah ini:

1. Bank Muamalat Indonesia
2. Bank Syariah Indonesia
3. BTN Syariah
4. Bank DKI Syariah
5. BJB Syariah
6. Bank CIMB Niaga Syariah
7. Bank Mega Syariah
8. Panin Bank Syariah
9. Bank Syariah Bukopin
10. BPRS HIK
11. BPD Jogja Syariah
12. BPD Kalbar Syariah
13. BPD Jateng Syariah
14. BPD Jatim Syariah
15. BPD Sumut Syariah
16. Bank Sumsel Babel Syariah
17. BPD Kepri Riau Syariah
18. Bank Kalsel Syariah
19. Bank Danamon Unit Usaha Syariah
20. Bank Kaltim Kaltara Unit Usaha Syariah
21. Bank Permata Unit Usaha Syariah
22. BPRS Al Salam
23. BPRS Bina Rahmah
24. BPRS Mitra Amal Mulia

Demikian informasi tentang rukun, tata cara, hingga contoh wakaf uang. Ikuti instagram milik Literasi Zakat WakafLiterasi Zakat Wakaf di akun @literasizakatwakaf dan subscribe YouTube Literasi Zakat WakafLiterasi Zakat Wakaf untuk mendapatkan informasi terpercaya tentang zakat dan wakaf.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.